April 19, 2021 By kaiserhealhnews.org 0

HAKI: Kekayaan Intelektual Mendorong Inovasi

Sistem hak kekayaan intelektual memberikan insentif kepada inovator untuk menghasilkan kreasi dan penemuan baru, dengan memberikan bentuk perlindungan bagi pencipta dan penemu, untuk rentang waktu terbatas. Skala waktu ini memungkinkan para pencetus mendapatkan keuntungan dari pekerjaan mereka.

Apa Itu ‘Hak Kekayaan Intelektual’ (HAKI)?

Sederhananya, teknologi atau proses haki orisinal dapat dipatenkan, atau karya orisinal dalam musik atau seni (bahkan kode perangkat lunak) dapat menikmati hak cipta. Ide tidak dapat dipatenkan atau dilindungi hak cipta. Perangkat lunak komputer tidak dapat dipatenkan, tetapi kode di dalamnya dapat dilindungi hak cipta. Jangka waktu hak bervariasi. Misalnya, paten berlaku selama, biasanya, 25 tahun. Karya penulis memiliki hak cipta hingga 70 tahun setelah kematiannya. Skala waktu bervariasi secara internasional, dan tidak semua negara menjadi pihak dalam perjanjian internasional.

Pengecualian utama untuk kerangka HAKI adalah model bisnis. Perusahaan yang mengembangkan model bisnis inovatif tidak dapat melindungi model tersebut agar tidak disalin – Amazon memiliki banyak pesaing. Namun, beberapa teknik (seperti ‘1-Click’) yang digunakan dalam model bisnis dapat dipatenkan.

Perlindungan paten adalah bidang yang kompleks, dan nasihat ahli sangat penting jika sebuah inovasi atau karya lain ingin menikmati perlindungan.

Bagaimana kreasi dan inovasi baru bermanfaat bagi semua.

Teknologi dan penemuan yang telah menguntungkan jutaan orang mungkin tidak akan ada tanpa kerangka paten. Obat penyelamat nyawa, produk ilmu tanaman, mesin dialisis ginjal, dan penemuan lainnya membantu meningkatkan kehidupan di seluruh dunia.

Hak cipta merangsang seni, termasuk musik, sastra, film, dan karya televisi, yang menghibur miliaran orang. Di balik hasil artistik ini, ada seluruh industri, dan ini pada gilirannya menghasilkan IPR. Misalnya, peralatan efek khusus untuk bioskop berkembang, dan seluruh industri sekarang ada untuk menyediakan animasi komputer – dengan banyak paten.

Inovasi mendorong bisnis, tetapi jika sebuah inovasi dapat ditiru tanpa bentuk perlindungan apa pun, maka hanya ada sedikit insentif untuk mengembangkannya. Memang, ada sedikit insentif untuk ‘menciptakan’ sama sekali. Jadi, ‘manfaat untuk semua’ didasarkan pada keuntungan komersial dari HKI.

Bagaimana pasar dapat membiayai inovasi dan kreasi.

Pembiayaan adalah kunci kreasi dan inovasi.

Pemodal ventura dan investor canggih mencari perusahaan yang memiliki bank paten atau HKI lain yang dapat dieksploitasi, tetapi kekurangan uang tunai untuk memanfaatkan aset HKI mereka. Bentuk pendanaan lain juga tersedia – hibah pemerintah, bahkan yayasan swasta.

Perusahaan yang memiliki strategi inovasi mencari pendanaan eksternal untuk mengeksploitasi HAKI mereka dengan bekerja melalui perizinan HAKI, kemitraan strategis, dan pemodal ventura. Inovasi dipandang sebagai ujung yang lebih berisiko dari investasi bisnis, sehingga pasar modal publik biasanya kurang praktis.

Siklus inovasi yang berkelanjutan.

Pemohon paten diminta untuk mempublikasikan rincian penemuan mereka. Paten yang dipublikasikan dan aplikasi paten dalam database kantor paten ini adalah sumber informasi ilmiah dan teknis yang tersedia untuk umum. Kumpulan pengetahuan ini menciptakan siklus inovasi dengan merangsang penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Publikasi juga membantu menghindari duplikasi upaya penelitian. Namun, banyak paten bersifat ‘defensif’ – misalnya melindungi proses produksi alternatif untuk obat baru yang mungkin memiliki dua puluh atau lebih paten yang terkait dengannya. Hal ini mempersulit para pesaing untuk mengelak dari paten, tetapi mereka tetap mencoba – dan kemudian menghasilkan paten mereka sendiri selama proses ‘rekayasa balik’.

Contoh bagaimana kekayaan intelektual membantu.

Sistem HKI berperan penting dalam pengembangan teknologi asli oleh perusahaan di Korea. Ekonomi pertanian yang buruk di tahun 1960-an, memiliki pendapatan per kapita kurang dari $ 100. Saat ini, Korea adalah negara industri maju dengan pendapatan per kapita lebih dari $ 12.000. Beberapa perusahaan Korea sekarang menjadi pemimpin pasar dunia.

Transformasi ini merupakan hasil dari perdagangan sistematis dan kebijakan pembangunan ekonomi yang memberikan insentif bagi inovasi teknologi bersama dengan kerangka hukum HKI.

Apakah Anda tertarik bagaimana perusahaan Anda dapat tumbuh dengan cara meningkatkan inovasi? Apakah Anda ingin belajar bagaimana secara lebih konsisten mengubah ide-ide Anda yang menjanjikan menjadi produk, proses, dan layanan yang menguntungkan?